Harga Diri dan Prasangka

Harga Diri dan Prasangka

oleh : Djunita

Judul : Pride and Prejudice

Penulis : Jane Austen

Penerjemah : Berliani Mantili Nugrahani

Penerbit : Qanita

Cetakan : III, Mei 2011

Tebal 585 hlm ; 20,5 cm

Pride and  Prejudice (Harga Diri Dan Prasangka)(Qanita,2011) adalah sebuah cerita roman terpopuler sepanjang masa.cerita cinta antara Elizabeth Bennet yang memiliki status sosial dan kekayaan yang biasa saja denga Mr.Darcy yang memiliki status sosial sebagai seorang bangsawan yang kaya raya. Jane Austen,penulis novel ini menuangkan keahliannya dalam menulis pada tiap kata yang terkandung dalam novelnya. Jane Austen memberikan roman percintaan berdasarkan latar belakang sosial di abad 19,novel ini menginspirasi banyak karya sastra jaman sekarang.

Elizabeth Bennet adalah gadis berperangai tegas,eminim,dan ceria,bisa dibilang sifatnya tersebut jarang dimiliki oleh gadis-gadis abad itu. Elizabeth memiliki panggilan kecil dari ayahnya yaitu Lizzy , kehidupannya biasa-biasa saja sama seperti para gadis sesusianya. Lizzy memiliki wajah yang cantik walau tak secantik kakaknya Jane,tetapi Lizzy memiliki mata tajam indah yang tersirat kecerdasan luar biasa serta wawasan yang luas  Mr.Darcy diam-diam mengaguminya bahkan telah jatuh cinta pada Lizzy, walau Mr.Darcy baru menyadari hal tersebut setelah bertemu untuk kedua kalinya dengan Lizzy.Tetapi Elizabeth terlanjur membenci Mr.Darcy karena  pertemuan pertama mereka yang tak berkesan baik di pesta dansa. Mr.Darcy memang memiliki badan yang jangkung,aura kebangsawaan,kekayaan yang melimpah serta wajah yang tampan,walau  banyak orang yang kagum padanya pada pandangan pertama,hal ini hanya bertahan beberapa menit saja setelah melihat cara Mr.Darcy berperilaku dan berbicara banyak orang menggunjingkannya karena perangainya yang angkuh dan sombong itu.

Beberapa kali Elizabeth selalu menjawab pertanyaan Mr.Darcy dengan candaan sini dan kecerdasan menjawab tentu saja dengan harapan agar Mr.Darcy merasa tersakiti tetapi hal ini malah mebuat Mr.Darcy tergila-gila padanya. Ia beranggapan bahwa Elizabeth juga telah jatuh cinta padanya maka Mr.Darcy memberanikan diri untuk menyatak cinta pada elzabeth dan sayangnya Mr.Darcy harus mendapat pernyataan pahit dari jawaban Elizabeth. Tetapi Elizabeth memiliki pertanyaan yang harus dijawab oleh Mr.Darcy,karena hal ini adalah penyebab mengapa Elizabeth menolak Mr.Darcy. Pertanyaan tersebut mengenai mengapa Mr.Darcy harus memisahkan Jane kakak Elizabeth dengan Teman dari Mr.Darcy sendiri yaitu Mr.Bingley,padahal Jane memiliki cinta yang besar kepada Bingley. Mr.Darcy tidak dapat menjawab pertanyaan itu secara langsung,saat itu juga ia akhirnya keluar dan kembali kerumahnya.

Di ruangannya tersebut Mr.Darcy menulis surat yang berisi jawaban atas semua pertanyaan dan tuduhan yang diberikan pada Elizabeth olehnya. Setelah selesai esoknya ia memberikan surat tersebut pada Elizabeth dan pergi sesegera mungkin bersama sepupunya colonel Fitzwilliam dengan kereta kuda ke Pemberley yang merupakan tempat tinggal dan tanah Mr.Darcy.

Elizabeth mulai membaca surat itu dan menyadari bahwa semua yang dilakukan oleh Mr.Darcy masuk akal .Elizabeth juga menyadari bahwa Jane terlalu malu dalam menunjukkan rasa cintanya pada Bingley yang berujung pada kesalahpahaman pada mereka berdua.

Saat itu juga ia meninggalkan rumah Mr.Collins yang merupakan suami dari Charlotte(teman baik Elizabeth) dan menuju rumahnya di Longbourn untuk menyampaikan hal ini pada Jane,dan betapa terkejut dan menyesalnya Jane.Dan yang tertinggal hanyalah harapan untuk dapat bertemu dengan Mr.Bingley lagi.

Suatu hari bibi Elizabeth Mrs.Gardiner mengajak Elizabeth  ke Pemberley untuk menikmati pemandangan istana disana. Elizabeth sadar bahwa tempat itu merupakan milik Mr.Darcy tetapi penjaga istana mengatakan bahwa kemungkinan pemiliknya sedang sibuk dan berada diluar kota,mendengar hal ini Elizabeth merasa lega karena ia tak perlu menmui atau melihat Mr.Darcy lagi.Disana si penjaga bercerita panjang lebar tentang keluarga besar Darcy yang sangat dermawan,yang menyebabkan mencairnya rasa benci Elizabeth pada Mr.Darcy. Elizabeth memikirkan semua perkataan si penjaga tersebut  yang juga mengatakan bahwa laki-laki yang pernah Elizabeth kenal yaitu Mr.Wickham merupakan anak dari pembantu Alm.Ayah Mr.Darcy berniat licik pada Mr.Darcy. Elizabeth dilemma, mana yang harus ia percaya? Perkataan si penjaga atau perkataan Mr.Wickham yang berkebalikan dengan perkataan si penjaga.

Sesaat setelah berkeliling dan berencana akan segera pulang,Elizabeth dikejutkan dengan kedatangan kereta kuda di depan istana yang ternyata milik Mr.Darcy. Elizabeth berusaha menghindar dari Mr.Darcy tetapi semua itu tak sempat ia lakukan karena Mr.Darcy telah menyapanya terlebih dahulu ddengan ramah dan tanpa ada rasa benci.Elizabeth kemudian memperkenalkan Mr.Darcy pada pama dan bibinya.

Kepulangan Elizabeth ke Longbournpun ditunda karena Mr.Darcy telah mengundangnya untuk makan malam dan ingin memperkenalkan Elizabeth dengan adiknya yaitu Georgianna Darcy yang pawai dalam berpiano. Elizabeth merasa melihat dan merasakan sosok Darcy yang berbeda dengan Darcy yang dulu ia kenal sehingga membuat perasaan benci Elizabeth yang tadinya mulai mencair benar-benar menjadi hilang tak berbekas,tergantikan dengan benih benih cinta yang mulai tumbuh didalam hati Elizabeth. Tetapi saat-saat yang indah di Pemberley harus berlalu dengan cepat karena Elizabeth telah mendapat kabar bahwa adiknya Lydia telah kabur bersama Mr.Wickham. Segeralah Elizabeth pulang ke Longbourn dan membantu ayahnya mencari keberadaan Lydia dan berusaha menenangkan persaan ibunya yang khawatir.

Selang beberapa waktu dlam pencaria Lydia paman mereka mengirimkan surat bahwa Lydia telah ditemukan dan telah dinikahkan dengan maksud agar tidak mencemarkan nama baik keluarga Bennet. Lydia yang bahagia tersebut pulang ke Longbourn untuk menceritakan bagaimana pernikahannyadan memamerkan cincin kawinnya kepada saudara-saudaranya. Anehnya Lydia mengatakan bahwa Mr.darcy adalah orang yang telah menemukannya dan yang telah membantu melunasi semua hutang-hutang judi Wickham serta membantu  dalam menyelenggarakan pernikahan mereka. Elizabeth merasa berhutang budi pada Mr.Darcy dan merasa malu terhadap dirinya sendiri yang telah menilai Mr.Darcy dengan buruk, Elizabeth benar-benar menyadari bahwa ia kini benar-benar jatuh cinta pada pemuda itu. Tetapi cinta mereka ditentang oleh bibi Darcy yang menginginkan agar Darcy menikah dengan anaknya karena status sosial mereka yang sama dan sederajat,Elizabeth bersikeras akan mempertahankan cintanya sehingga bibi Darcy segera ke London dan meceritakan hal yang dianggapnya kurang ajar ini pada Mr.Darcy,denga dalih agar Darcy melihat sisi jelek dari Elizabeth,tetapi yang terjadi malah sebaliknya semua perasaan dan harapan Mr.Darcy yang tadinya mulai hilang kembali berkobar lagi.

Beberapa hari kemudian Mr.Bingley dan Mr.Darcy datang ke Nethefields dan segera mengunjungi Longbourn untuk meminang Jane,akhirnya cinta Mr.Bingley dan Jane Bennet bersatu lagi dan mengakui bahwa Jane terlalu malu pada perasaannya sendiri. Mr.Darcy yang sedang berjalan-jalan bersama Elizabeth juga mulai berbicara satu sama lain tentang perubahan yang terjadi diantara mereka,perubahan Mr.Darcy yang lebih baik serta perubahan perasaan Elizabeth terhadap Mr.Darcy dan rasa terimakasihnya pada Darcy yang telah menolong Lydia. Saat itu juga Darcy menanyakan apakah Elizabeth memiliki perasaan yang sama dengannya . Elizabeth bercerita tentang perasaannya yang awalnya sangat benci pada Mr.Darcy perlahan berubah menjadi cinta, yang ditanggapioleh Mr.Darcy  dengan rasa senang berlimpah ruah. Dan Mr.Darcy juga menceritakan pembicaraannya dengan bibinya Di London tentang bagaimana Elizabeth bersikeras akan mempertahankan perasaannya pada Mr.Darcy yang memberikan secercah harapan pada Mr.Darcy.

Hari yang mereka nantipun tiba, hari diamana mereka dipersatukan menjadi sepasang suami-istri. Hiduplah mereka bahagia bersama di pemberley

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s